Bahaya Minuman Alkohol Bagi Tubuh Kita

Jika seseorang  terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras dalam jangka panjang  dapat merusak organ tubuh, hilangngnya kesadaran, kejang-kejang, dan meninggal dunia. Namun jika dikonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan, minuman beralkohol sebenarnya bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, hinnga stroke. Selain meningkatkan resiko kematian, kecanduan minuman beralkohol juga dapat merusak liver atau organ hati.

Berikut adalah macam-macam bahaya yang mengintai pecandu alkohol:

1. Kerusakan jantung

Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dapat melemahkan otot jantung, akibatnya aliran darah yang mengalir keseluruh tubuh pun dapat menjadi terganggu. Alkohol bisa mengakibatkan kardiomiopati yang ditandai dengan detak jantung tidak teratur (aritmia) sesak napas, batuk yang terus menerus, dan kelelahan.

2. Merusak otak

Alkohol dapat membuat otak seseorang menjadi rusak dengan memperlambat penyaluran informasi antar saraf. Kandungan etanol di dalam minuman beralkohol juga dapat membuat kerusakan spesifik pada beberapa area otak. Akibatnya, seseorang akan mengalami serangkaian gejala seperti kecemasan, perubahan perilaku, hilang ingatan, dan dapat membuat kejang kejang.

3. Kerusakan pada ginjal

Efek diuretik yang ada didalam alkohol dapat meningkatkan jumlah urine yang diproduksi oleh tubuh kita. Akibatnya, ginjal menjadi sulit untuk mengatur aliran urin dan cairan tubuh termasuk distribusi ion natrium, klorida, kalium ke seluruh tubuh.

4. Peradangan pankreas (pankreatitis)

Pankreatitis akut biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti mual, sakit perut, detak jantung semakin meningkat, demam, dan diare. Jika semakin dibiarkan akan menjadi lebih bahaya bahkan nyawa anda menjadi lebih terancam.

5. Potensi Kanker

Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan dan jangka waktu yg lebih lama dapat beresiko menyebabkan kanker kepala, kanker leher, termasuk kanker rongga mulut, faring, dan laring, serta kanker esofagus, khususnya karsinoma sel skuamosa esofagus.

6. Anemia

Anemia ialah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah.hal itu dikarenakan anda terlalu berlebihan mengkonsumsi alkohol, sehingga membuat anda menjadi merasa kenyang dan membuat anda menjadi ngantuk.

Ciri-ciri orang yang pencandu alkohol:

·         Menjadi pendiam dan suka menyendiri

·         Mata terlihat sayuan merah

·         Daya ingat menjadi berkurang dan perubahan gaya bicaranya

·         Tidak tertarik lagi melakukan aktivitas yang positif

·         Suasana hati dan perilaku yg berubah draktis

·         Berteman dengan orang yang tidak beres

Kita dapat mencegahnya dengan:

·         Mengkonsumsi makanan bergizi

·         Rutin untuk berolahraga

·         Mengelola stres

·         Menerapkan pola tidur yang teratur

·         Berteman dengan orang yang baik

·         Mengatur porsi makan anda

Kebiasaan ini memudahkan anda untuk mngatasi kecanduan alkohol. Diatas sudah dijelaskan beberapa penyakit yang diterima jika kita terlalu berlebihan meminum alkohol dan diatas  juga sudah dijelaskan cara mencegah nya, sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi air putih karna bagus untuk tubuh dan kesehatan kita. Sekian dan  terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

Komentar